Kuliah Umum FISIP UNTAD Hadirkan Keynote Speaker dari Malaysia

Penyerahan Sertifikat Penghargaan kepada Prof. Madya Dr. Kadir Arifin sebagai Keynote Speaker dalam Kuliah Umum FISIP UNTAD bertajuk “Public Participation in Local Plans at Local Authority, Malaysia”

FISIP UNTAD – Selasa (05/11) Ketua Senat FISIP UNTAD, Dr. Andi Maddukelleng, M.Si menyerahkan sertifikat penghargaan kepada Prof. Madya Dr. Kadir Arifin, yang bertindak sebagai Keynote Speaker dalam Kuliah Umum yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako bertajuk “Public Participation in Local Plans at Local Authority, Malaysia”. Kegiatan ini berlangsung di Gedung IT Center Universitas Tadulako, tepatnya Conference Room Lt 2.

Kuliah Umum yang diselenggarakan sebagai salah satu efek kerjasama dengan Universitas Kebangsaan Malaysia dengan Universitas Tadulako tersebut dihadiri oleh 300 peserta yang merupakan gabungan dari mahasiswa dan dosen pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Kuliah umum tersebut berlangsung dialogis dan mendapat respon aktif dari audiens. Berdasarkan isu partisipasi masyarakat malaysia dalam pengambilan kebijakan perencanaan yang dilakukan oleh pemerintah, hal ini kemudian coba dibandingkan dengan pembangunan di Sulawesi Tengah. Menurut Prof. Kadir, perencanaan pembangunan harus menonjolkan kearifan lokal, sehingga suatu wilayah dapat membentuk ciri khasnya.

Prof. Kadir – begitu sapaan akrabnya – sempat memperkenalkan diri sebagai orang keturunan Indonesia, tepatnya beliau berasal dari Sulawesi Selatan, yang kemudian lama tinggal dan menetap di Malaysia. Beliau bahkan memiliki keluarga di Kota Palu. Sehingga, meskipun menggunakan bahasa Melayu dalam pengantar kuliah umumnya, namun apa yang disampaikan oleh Prof. Kadir masih bisa dimengerti oleh peserta Kuliah Umum. Bukan saja karena bahasa yang sebenarnya tidak begitu berbeda, juga karena ikatan emosional yang terjalin sebelumnya mengingat asal beliau juga dari Sulawesi.

 

Scroll to top