Fisip Untad Salah Satu Pelaksana Kuliah Umum Serentak di-37 Provinsi

Bertempat di Ruang Aula Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menyelenggarakan Kuliah Umum bertajuk “Indonesia dan Dinamika Dunia” yang dibawakan oleh Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, Teuku Faizasyah. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan serentak di 37 Provinsi di Indonesia dalam rangka Hari Ulang Tahun Kementerian Luar Negeri yang ke-77 pada Jumat (19/08) pagi.

Kegiatan ini dibuka oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dari ruang Rapat Kecil Kementerian Republik Indonesia via Zoom. Dalam pembukaannya, Menlu mengucapkan terima kasih kepada 37 universitas dari 37 provinsi yang menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan kuliah umum serentak ini. Kemenlu mengutus masing-masing dirjennya sebagai pembicara pada 37 universitas yang dimaksud. Teuku Faizasyah sebagai utusan Kemenlu untuk wilayah Provinsi Sulawesi Tengah yakni di Universitas Tadulako menjelaskan isu-isu besar, capaian-capaian serta target dan permasalahan yang akan dihadapi oleh bangsa Indonesia kedepannya.

Isu besar : migrasi karena perubahan iklim (solusi spirit kolaborasi ) akan tetapi masing” negara saat ini lebih mementingkan policy masing, global governance. Tata kelola yang tidak stabil menjadi permasalahan baru dunia. Politik luar negeri bebas aktif (kepentingan nasional indonesia) menjadi hal penting saat ini, Indonesia tidak terpengaruh pada beberapa konflik politik yang ada, misal konflik dagang yang terjadi antara Tiongkok dan Amerika.” Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik dalam pemaparannya.

Kegiatan ini disambut baik oleh Rektor dan juga Dekan Fisip Untad. Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan serta sejumlah pejabat teras Fisip Untad. Selain pimpinan, kegiatan ini juga mendapat antusias sivitas akademik khususnya di Fisip Untad. Lebih dari 150 sivitas akademik meliputi dosen dan mahasiswa Fisip Untad ikut serta dalam kuliah umum ini.

Kami sangat menyambut baik kegiatan ini dan sebuah kehormatan bagi kami karena Pak Rektor memberikan Amanah kepada kami sebagai pelaksana teknis. Tekhusus karena ini juga dalam rangka peringatan HUT Kemenlu ke-77. Semoga kementerian dapat terus bersinergi menuju Indonesia Unggul di tengah krisis yang sedang melanda dunia saat ini.” Kata Ilyas Lampe, Ketua Panitia Pelaksana usai kegiatan Kuliah Umum.

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top