Pelepasan Mahasiswa PPMDN MBKM

Foto bersama Dosen dan Mahasiswa Inbound Semester Ganjil 2021 dalam kegiatan pelepasan Mahasiswa Inbound PPMDN MBKM (4/1/2022) di Ruang Serba Guna FISIP UNTAD.

Selasa, 4 Januari 2022. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako melepas sebanyak 16 mahasiswa Inbound yang telah melaksanakan Program PMDN (Pertukaran Mahasiswa Dalam Negeri) luring pada semester Ganjil 2021. Bertempat di ruang Serba Guna FISIP UNTAD, kegiatan ini dihadiri oleh Dekan, para Wakil Dekan, Koordinator akademik dan Non akademik FISIP UNTAD, Ketua serta sekretaris jurusan, Serta coordinator Program Studi dalam lingkup FISIP UNTAD. Adapun mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan pelepasan tersebut antara lain:

  1. Alya Shabrina Said dari Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon
  2. Insan Kholis dari Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
  3. Nurlailli Hidayah dari Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
  4. Pahmi Labib Mubarok dari Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
  5. Afifah Riskadianti dari Universitas Sriwijaya
  6. Chofifah Muslihah dari Universitas Sriwijaya
  7. Dita Ziske Nurul aini dari Universitas Sriwijaya
  8. Geby Lestari dari Universitas Sriwijaya
  9. Elisa Tri Rahmawati dari Universitas Sebelas Maret
  10. Bagus Adi Wardana dari Universitas Sebelas Maret
  11. Cindy Irene Githa dari Universitas Negeri Medan
  12. Saharani Gibran Simatupang dari Universitas Negeri Medan
  13. April dari Universitas Suadaya Gunung Jati
  14. Alfiah Mutmainah dari Universitas Suadaya Gubung Jati
  15. Muhammad Meutuah Syahni dari Universitas Samudra
  16. Nurul Awaliani dari Universitas Malikussaleh

Program PMDN merupakan salah satu jenis program yang disediakan dalam Program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Manfaat dari Program PMDN ini antara lain memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengeksplor & mempelajari keberagaman budaya nusantara, berteman dengan mahasiswa dari berbagai daerah, serta kesempatan belajar di kampus lain di Indonesia.

Menurut Dr. Zaiful, S.Sos., M.Si., Ketua Unit MBKM FISIP UNTAD, secara substansi program MBKM baru dapat terlaksana apabila institusi baik di tingkat Fakultas maupun Universitas mampu memfasilitasi minat-minat mahasiswa dalam program MBKM. Keberadaan Unit MBKM pada setiap fakultas bertujuan memfasilitasi mahasiswa melalui program-program yang telah disediakan, yang mana program-program tersebut berorientasi pada minat mahasiswa. Sehingga mahasiswa diberi keleluasaan untuk menentukan pilihannya sendiri, terkait mata kuliah apa yang akan diambil, dan para program studi mana dia akan melaksanakan kegiatan belajarnya.

Dr. Zaiful, S.Sos., M.Si., Ketua Unit MBKM FISIP UNTAD saat ditemui di Laboratorium Sosiologi.

Zaiful menambahkan bahwa pada dasarnya fungsi lain dari Unit MBKM adalah untuk mempromosikan program-program MBKM, sehingga mahasiswa mau ikut serta dalam program tersebut. Pada dasarnya tidak ada paksaan bagi mahasiswa untuk ikut serta dalam program MBKM, namun mengingat manfaatnya yang sangat baik bagi pengembangan kompetensi dan kualitas mahasiswa, maka beliau berharap mahasiswa FISIP UNTAD mempertimbangkan untuk turut ambil bagian dalam program MBKM yang dapat dilihat pada website MBKM. Promosi dan sosialisasi terkait program-program MBKM menurutnya, berhasil meningkatkan minat mahasiswa untuk ikut dalam program MBKM. Sehingga kedepannya kemungkinan strategi ini akan dipertahankan dan dikembangkan tentu saja demi menyukseskan program MBKM, khususnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako.

Dalam pelepasan mahasiswa Inbound Program PMDN MBKM tersebut, Dr. Hj. Nurasiyah Ambo, M.Si., Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP UNTAD beserta jajarannya menitipkan salam kepada orang tua mahasiswa yang akan Kembali ke kota asal kampus masing-masing pada 5 Januari 2022 besok. Beliau berharap dalam menjalankan program ini, mahasiswa pertukaran tetap terus menjalin silaturahmi dan tidak melupakan FISIP UNTAD seperti tagline program PMDN MBKM “bertukar sementara, bermakna selamanya”.

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top