PKKMB Tahun 2022 Berlangsung Secara Blended

FISIP UNTAD – Universitas Tadulako kembali melaksanakan kegiatan PKKMB untuk menyambut mahasiswa baru Semester Ganjil Tahun 2022-2023. Setelah dua tahun berturut-turut melaksanakan PKKMB secara daring sebagai dampak pandemi Covid-19, kali ini Universitas Tadulako melaksanakan PKKMB secara blended – daring dan luring. PKKMB adalah singkatan dari Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru. PKKMB ini merupakan istilah dari masa pengenalan kampus yang dulu sering dikenal dengan ospek. PKKMB merupakan program yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru, selain itu kegiatan ini juga dapat diikuti oleh mahasiswa yang belum pernah mengikuti PKKMB. PKKMB Tahun 2022 berlangsung mulai 22 sampai 25 Agustus di lingkungan Universitas Tadulako. Kegiatan ini terbagi atas dua tingkatan pelaksanaan, yang pertama PKKMB Tingkat Universitas pada tanggal 22 sampai 23 Agustus, selanjutnya tingkat Fakultas pada 24 sampai 25 Agustus.

PKKMB bertujuan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa. Kegiatan ini diisi dengan berbagai materi yang terkait dengan penanaman wawasan kebangsaan, cinta tanah air, bela negara dan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan akademik, kegiatan kemahasiswaan serta kebijakan kampus sehingga dapat menjadi bekal untuk mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi.  Dalam rangka menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungannya yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh Pendidikan di perguruan tinggi maka di lakukan pengenalan kehidupab kampus bagi mahasiswa baru.

PKKMB harus direncanakan secara matang agar dapat dijadikan momentum bagi mahasiswa baru untuk mendapat informasi yang tepat mengenai sistem Pendidikan di perguruan tinggi baik bidang akademik maupun non-akademik. PKKMB juga diharapkan dapat menjadi penyadar akan adanya hal-hal yang dapat menghambat studi mahasiswa baru termasuk dapat menghambat pencapaian tujuan nasional misalnya masalah radikalisme, terorisme, penyalahgunaan narkoba, plagiarisme, korupsi dan lainnya. *nl/hap/al/nbp

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top